Selasa, 31 Mei 2011

www.blogspot.com
www.google.com
www.Facebook.com

Cara Membuat Blog selain Di BlogSpot

Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftarkan diri, mendapatkan akun blog di wordpress.com.
  1. Ketikkan ==> id.wordpress.com <== di kotak alamat (addres) di browser anda, terus enter. Menggunakan tulisan “id” agar antar muka (bahasa pengantar) berbahasa Indonesia. Akan muncul halaman seperti dibawah ini.
    daftar1
  2. Klik kotak dengan latar biru yang didalamnya tertulis “Mulailah Blog WordPress Anda”. Sesaat kemudian akan terbuka halaman seperti dibawah ini.
    langkah1
  3. Ikuti petunjuk yang ada pada halaman ini, Tuliskan nama (ini akan menjadi panduan.wordpress.com jika pada kotak nama pengguna ini diisi panduan) boleh huruf besar atau huruf kecil, gak masalah.
    Demikian pula Alamat Emailnya, ini harus alamat email yg masih aktif. Jangan lupa beri tanda centang (check) dengan nge-klik kotak kecil di samping Celotehan Legal. Klik Tombol Berikutnya>>. Akan muncul halaman seperti di bawah ini.
    langkah2
    Jika nama pengguna sudah terpakai oleh orang lain, anda harus mengganti/mengubah nama pengguna yang diisikan. Perhatikan bagian yang terblok dengan warna merah, itu yang harus diperbaiki.
  4. Otomatis pada kotak Domain Blog: terisi nama pengguna yang diisikan tadi. Isikan Judul Blog: Sesuaikan dengan tema blog yang akan anda pakai. Untuk sementara biarkan saja pilihan bahasa kecuali anda mau pakai bahasa lain. Demikian juga Pribadi, biarkan tercentang agar blog anda bisa dikenali mesin perambah Seperti google atau yg lain. Klik Tombol Daftar >> .
  5. Jika pendaftaran anda berhasil maka akan muncul halaman seperti di bawah ini.
    langkah3
    Selanjutnya anda bisa mengisi profil anda. Sebenarnya gak usah diisi dulu juga tidak papa, bisa diperbahurui nanti. Tapi yah tidak ada salahnya diisi juga, sambil nunggu proses pengiriman ke email anda dari wordpress untuk mendapatkan kode aktifasi. Silahkan Simpan Profil Anda.
  6. Buka kotak masuk di alamat email anda. Contohnya seperti di email saya seperti ini.
    email
    Selanjutnya Ikuti petunjuk dengan meng- klik link yang diberikan untuk mengaktifasi blog yang dibuat.
  7. Sampai di sini anda akan diberikan password, jangan lupa kopi/salin password untuk login.
    pswpertama
    Klik Login untuk siap-siap masuk ke blog anda.
  8. Jika login berhasil seharusnya anda dihadapkan ke layar di mana pada bagian layar tadi terdapat bagian seperti pada gambar ini.
    loghasl
    Klik saja nama blog anda itu. sampai anda di bawa ke dashboard.
  9. Langkah selanjutnya adalah mengubah password sehingga mudah diingat. Klik My Profil bagian pojok kanan atas.
    ganti psw
    Selanjutnya sekalian ubah bahasa antarmuka (Interface language) ke bahasa Indonesia. Klik Save Changes. Jika berhasil maka bahasa interfacenya berubah menjadi bahasa Indonesia.
  10. Sampai di sini anda telah berhasil memiliki blog, selanjutnya bisa dimodifikasi lewat dasbor, termasuk mengisi blog anda nantinya.
Untuk selanjutnya jika anda hendak masuk ke blog anda ada beberapa pilihan yang bisa ditempuh:
  • Ketikkan alamat blog anda di address browser: Misalnya “panduan.wordpress.com” (tanpa tanda petik), jika telah terbuka, silahkan klik login dibagian kolom sisi blog anda. Isikan nama dan password, klik login.
  • Pada address browser anda ketikkan saja wordpress.com/wp-admin, setelah terbuka sebuah halaman, disitu isikan nama dan password dan klik login.
  • Ketikkan pada address browser “wordpress.com” begitu halaman terbuka, isikan nama dan password dibagian kotak yang tersedia, klik login.

Perangkat input dan Output Pada Komputer

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
 gambar-211.jpg
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
 mouse
Gambar 2.12 Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
 gambar-213a.jpggambar-213b.jpggambar-213c.jpg
Touch Pad                   Track Ball                     Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
gambar-214.jpg
Gambar Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
gambar-215.jpg
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
 gambar-217.jpg Gambar Barcode Reader
gambar-216.jpg  Gambar Barcode
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
gambar-218.jpg
Gambar Scanner
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
gambar-219.jpg
Kamera Digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
gambar-220.jpg
Gambar headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
gambar-221.jpg

Be the first to like this post.
yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

Senin, 23 Mei 2011

LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

Nama Praktikan           :  Ulfah Rahardi (1210702057)
 Nama Teman              :  M.Agrian Hakim, Purna Chalis, Siti Hardianti Rukmana, Indra Nurojab  Sukarna,  Zhia Rizki Ardian
Asisten                        :  Istia Nurmala  (1209703020)
Tanggal Praktikum      :  30 Maret 2011


Abstract
Has been carried out electromagnetic induction experiment entitled to prove the Faraday law which states that the induced voltage has a proportionality with the speed of induction, a large area magnetic field induction and the electromagnetic induction experiment. The method used in this experiment is to put some magnets on an edge of the track and in mid-trajectory is given or can be called a coil wire length varies. Then to test the voltage going to the coil, the coil is connected to a digital multimeter. Tool used to pull the coil is connected to the electric motor. Once interested, the digital multimeter recorded the number and that number represents a voltage generated from the process. This occurs because the coil through a magnetic field so that there is a change of flux. Of the many variations of these circumstances, it can be obtained by the data - the data recorded on mikrovoltmeter in this case is the induction emf (ε). The data prove that the greater variation B (number of magnets), V (speed of induction), the greater the induced emf obtained. This is in accordance with the equation ε is proportional to B and V
Keyword :

Abstract
Telah dilakukan percobaan yang berjudul induksi elektromagnetik untuk membuktikan hukum faraday yang menyatakan bahwa tegangan induksi memiliki kesebandingan dengan kecepatan induksi, luas induksi dan besar medan magnet maka dilakukan percobaan induksi elektromagnetik. Metode percobaan yang digunakan adalah dengan menempatkan sejumlah magnet pada suatu pinggir lintasan dan pada pertengahan lintasan diberikan kawat atau bisa disebut kumparan dengan panjang yang bervariasi. Kemudian untuk menguji terjadi tegangan listrik pada kumparan, maka kumparan tersebut dihubungkan pada multimeter digital .alat yang digunakan untuk menarik kumparan yaitu motor yang dihubungkan pada listrik. Setelah tertarik, pada multimeter digital tercatat angka dan angka tersebut merupakan tegangan yang ditimbulkan dari proses tersebut. Hal ini terjadi karena kumparan melewati medan magnet sehingga terjadi perubahan fluks. Dari berbagai variasi keadaan tersebut, maka dapat diperoleh data – data yang tercatat pada mikrovoltmeter dalam hal ini adalah ggl induksi (ε). Data tersebut membuktikan bahwa semakin besar variasi B (jumlah magnet), V (kecepatan induksi) maka semakin besar pula ggl induksi yang diperoleh. Hal ini sesuai dengan persamaan ε yaitu sebanding dengan B dan V.


















I.       PENDAHULUAN
I.I   Tujuan Percobaan
           
1)      Dapat menjelaskan bagaimana Gaya Gerak Listrik (GGl) dapat terinduksi oleh induksi elektromagnetik dan menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhinya.
2)      Dapat memahami bahwa induksi elektromagnetik terjadi bila fluks magnetic berubah terhadap waktu 


     I.2   Dasar Teori

             Melalui berbagai percobaan, Michael Faraday (1791-1867), seorang ilmuwan jenius dari inggris akhirnya berhasil membuktikan bahwa arus listrik memang dapat dihasilkan dari perubahan medan magnetik. Peristiwa dihasilkannya arus listrik akibat adanya perubahan medan magnetik dinamakan induksi elektromagnetik, sedangkan arus yang dihasilkan dari induksi elektromagnetik dinamakan arus induksi. Penemuan ini dikenal dengan “Hukum Faraday”. Penemuan ini dianggap sebagai penemuan monumental. Mengapa? Pertama, “Hukum Faraday” memiliki arti penting dalam hubungan dengan pengertian teoretis tentang elektromagnetik. Kedua, elektromagnetik dapat dipergunakan sebagai penggerak secara terus-menerus arus aliran listrik seperti yang digunakan oleh Faraday dalam pembuatan dinamo listrik pertama.
            Di dalam kumparan timbul suatu beda potensial (atau gaya gerak listrikε, GGL).    Timbulnya GGL dengan cara ini disebut induksi elektromagnetik.Batang magnet memiliki medan magnet di sekitarnya. Medan magnet divisualkan dalam bentuk garis-garis medan. Sebuah batang magnet mempunyai bentuk garis-garis medan magnet. Sekumpulan garis-garis medan disebut fluks magnet. Bentuk garis-garis medan magnet pada sebuah batang magnet. GGL yang diinduksi oleh fluks magnet yang berubah dapat dianggap terdistribusi di seluruh rangkaiannya.
Persamaan Ggl induksi (Eind) yang memenuhi hukum Faraday adalah sebagai berikut:
Pers GGL Induksi

Tanda Negatif dalam rumus berarti :
Tanda negatif berati sesuai dengan Hukum Lenz, yaitu “Ggl Induksi selalu membangkitkan arus yang medan magnetiknya berlawanan dengan sumber perubahan fluks magnetik”.

II.        METODA
II.I      Alat Dan Bahan
1.      Multimeter digital
2.      Kumparan dengan 150,300,500,600,1000,1200 lilitan
3.      Magnet batang Al Ni Co
4.      Catu daya
5.      Inti-I
6.      Kabel penghubung

II.2     Prosedur Percobaan
Percobaan 1
Menyusun rangkaian sesuai dengan gambar, lalu memasangkan kumparan 500 lilitan. Gunakan multimeter digital sebagai ammeter dengan batas ukur 200 µA DC. Sambil mengamati ammeter, gerakan batang magnet ke dalam kumparan, dan catat hasil percobaanya.gerakan batang magnet juga keluar kumparan dan mencatat juga hasil percobaannya , mengulangi langkah sebelumnya untuk gerakan magnet yang lebih cepat. lalu mengganti lilitan 500 dengan 1000 lilitan ,catat hasil pengamatan pada table data .
 
Percobaan 2
Menyusun rangkaian sebelum melakukan percobaan, lalu memasang catu daya dan setel pada tegangan 6 V Dc,sebelum dilakukan percobaan pastikan catu daya dalam keadaan mati. Pakailah multimeter digital sebagai ammeter dengan batas ukur 200µ Dc. tempatkan kumparan 500 dan 1000 lilitan sejajar satu sama lain sesuai dengan rangkaian, hubungkan kumparan 500 lilitan ke catu daya dan yang lainnya ke ammeter. Nyalakanlah catu daya dan amati arus nya. Memasukan Inti I ke dalam kumparan , Ulangi langkah sebelumnya apabila arus melebihi batas ukur ammeter , pindahkan tombol pemilih ke batas ukur yang lebih besar. Matikan catu daya dan keluarkan inti I dalam kumparan.

Percobaan 3
Menyusun rangkaian sesuai dengan gambar , pilih catu daya 6 V AC 3, gunakan multimeter digital sebagai ammeter dengan batas ukur 200 µA AC. Nyalakanlah catu daya dan amati arus yang ditunjukan ammeter dan catat arus pada tabel data . lalu matikanlah catu daya dan masukan inti I ke dalam kumparan . selanjutnya ulangi langkah sebelumnya , jika arus melebihi batas ukur ammeter pindahkan tombol pemilih ke batas ukur yang lebih besar.






III.   HASIL DAN PEMBAHASAN


A.    DATA PERCOBAAN 1

Untuk kumparan 300 lilitan  dengan kecepatan lambat

Masuk
Keluar (-)
0,64
0,4
0,79
0,3
0,96
0,2
1,28
0,1
1,09
0,87



             Untuk kumparan 300 lilitan dengan kecepatan cepat


Masuk
Keluar (-)
1,22
0,64
2,13
0,93
1,68
2,33
1,86
2,21
2,43
2,62



          Untuk kumparan 500 lilitan dengan  kecepatan lambat
Masuk
Keluar (-)
1,77
0,3
1,28
0,12
1,52
0,26
2,59
0,23
                    1,81
0,27

          Untuk kumparan 500 lilitan dengan kecepatan cepat
Masuk
Keluar (-)
1,51
0,09
2,76
0,03
0,62
0,42
0,32
0,63
                    0,69
049

          Untuk  kumparan 150 lilitan dengan kecepatan lambat

Masuk
Keluar (-)
1,05
1,01
0,86
0,38
0,9
0,22
0,24
0,4
                    1,28
0,12

        Untuk kumparan 150 lilitan dengan kecepatan cepat
Masuk
Keluar (-)
0,91
                   0,61
1,40
0,24
0,69
1,13
0,22
0,16
                    1,53
0,74




         Untuk kumparan 1200 lilitan dengan kecepatan cepat
Masuk
Keluar (-)
1,86
                   1,86
3,67
2,86
2,66
2,86
1,41
3,08
                    0,80
1,59
         
          Untuk kumparan 1200 lilitan dengan kecepatan lambat
Masuk
Keluar (-)
1,96
                   1,69
1,25
                    0,99
1,35
1,69
2,33
0,13
                    2,41
0,19

          Untuk kumparan 1000 lilitan dengan kecepatan cepat
Masuk
Keluar (-)
4,39
                   3,98
1,25
                    1,46
3,33
4,91
4,85
4,32
                    2,02
1,08
         
         Untuk kumparan 1000 lilitan dengan kecepatan lambat
Masuk
Keluar (-)
3,62
                   0,10
1,84
                    4,03
3,37
3,60
3,97
2,06
                    1,40
2,73